Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahami 13 Cara Membeli Motor Bekas yang Masih Mulus Berkualitas

Untuk menghindari penipuan ketika akan membeli sepeda motor bekas harus mengetahui beberapa cara pembeliannya. Jika Anda melakukan pembelian yang salah, Anda berisiko membawa pulang sepeda motor yang telah digunakan sebentar.

Ada banyak penggemar dan sepeda motor bekas atau bekas biasanya dijual dengan harga terjangkau. Bukan karena mereka tidak mampu membeli motor baru; Kadang-kadang, sepeda bekas dipilih karena dianggap lebih menguntungkan.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sepeda motor adalah barang yang nilainya selalu menurun. Karena itu, mereka yang memahami keuangan lebih memilih untuk membeli sepeda motor bekas asalkan masih dalam kondisi yang cukup prima untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Cara membeli sepeda motor bekas yang andal

Yuk simak saran pembelian motor bekas berikut ini agar anda tidak salah mengambil keputusan dan akhirnya merugi.

1. Tentukan jenis sepeda motor apa yang ingin Anda beli.

Pin harus terlebih dahulu memutuskan jenis Pin motor apa yang ingin dibeli. Pin tidak akan tergoda oleh jenis sepeda motor alternatif yang ditawarkan dengan harga lebih murah jika sudah memiliki lokasi atau jenis sepeda motor yang disukai.

Pin dapat membantu Anda memfokuskan pencarian baik secara offline maupun online dengan memiliki jenis sepeda motor yang ingin Anda beli.

2. Cek speedometer motor tersebut

Dengan memeriksa speedometer apakah ada retakan, Pin dapat menentukan apakah ada tanda-tanda penguncian. Selain itu, Anda dapat mengetahui seberapa jauh Pin sepeda motor yang ingin dibeli telah dikendarai.

Ketika sepeda motor memiliki jarak lebih dari 20.000 kilometer di atasnya, komponen mesin biasanya perlu diubah. Pin kemudian akan dapat mempertanyakan pemilik sepeda motor apakah mesin telah diubah atau belum. Selain itu, jika jarak tempuh berlebihan tetapi tidak ada komponen yang diganti, Pin juga dapat menawarkan harga yang jauh lebih murah.

3. Coba nyalakan mesinnya

Pin tidak dapat membongkar sepeda motor untuk memeriksa kondisi blok mesin sebelum melakukan pembelian. Namun dengan menghidupkan mesin, Pin dapat menentukan apakah masih berfungsi atau tidak.

Jika mesin bisa berjalan lambat di 1.5000 RPM, kondisinya tidak menjadi perhatian. Pin juga dapat mendengar mesin untuk melihat apakah ada suara keras. Jika demikian, Pin seharusnya mencari sepeda yang berbeda.

4. Periksa pertukaran gigi

Jika Pin membeli sepeda motor bergigi, kopling atau tidak, mereka harus mengukur perpindahannya. Mungkin ada masalah jika mengendarai sepeda itu menantang.

Biasanya, kampas kopling pada sepeda dengan kopling sudah aus. Saat mengganti persneling, jika terdengar suara mendesis, Pin harus menentukan apakah gigi utama motor habis atau tidak.

5. Cek Kondisi Roda

Memeriksa kondisi roda adalah persyaratan lain sebelum Pin membuat keputusan untuk membeli sepeda motor. Motor dalam kondisi baik jika roda depan dan belakang masih dicukur. Selain itu, mengingat rodanya miring, kemungkinan sepeda motor mengalami kecelakaan seperti jatuh.

6. Periksa Motor yang Ingin Anda Beli

Saran paling penting untuk membeli sepeda motor bekas adalah melakukan riset. Pin harus teliti dan teliti saat memilih sepeda motor yang akan Anda beli. Kecukupan kebutuhan sama pentingnya untuk menyesuaikan isi tas apa adanya.

Apakah Anda akan bepergian setiap hari dengan sepeda motor ini? Apakah mungkin untuk melakukan perjalanan menanjak atau melalui jalan-jalan kota? Apakah Anda memerlukan sepeda motor otomatis atau bebek?

Menemukan harga kedua di pasaran adalah langkah penting berikutnya setelah menentukan jenis sepeda motor yang paling sesuai dengan permintaan Anda. Seharusnya lebih murah untuk membeli motor bekas daripada yang baru. Jika seseorang menawarkannya dengan harga yang terlalu rendah, Anda harus waspada.

7. Jangan Langsung Bayar

Lebih baik berhati-hati dan menghindari menjadi sembrono ketika tertarik dengan harga rendah. Ingat, sebelum melakukan pembelian, pelajari sebanyak mungkin tentang sepeda motor bekas yang diinginkan.

Vendor yang berhasil dapat menggunakan tenggat waktu untuk menarik tarif diskon. Misalnya, vendor dapat menentukan bahwa diskon tersedia dengan mencicil dan hanya bagus hari ini. Hanya ada uang muka yang diperlukan dari pembeli.

Dengan mengklaim bahwa sepeda bekas sedang dipertimbangkan oleh pembeli lain, penjual berpotensi menakuti pelanggan.

Jenis taktik pemasaran ini hanya berfungsi untuk mempercepat pembayaran Anda. Hindari menyerah pada godaan! Bagaimanapun, pastikan tentang keputusan Anda sebelum menghabiskan uang tunai!

8. Beli Motor Bekas Dari Penjual Terpercaya

Membeli dari dealer terkemuka adalah tip ketika membeli sepeda motor otomatis bekas atau sepeda motor bekas jenis bebek. Jawabannya adalah penipu menjadi lebih cerdas.

Mereka tidak hanya menawarkan sepeda motor imitasi dengan harga murah untuk menarik pelanggan. Bahkan, beberapa sepeda motor palsu ditawarkan untuk dijual dengan biaya reguler untuk mempengaruhi pelanggan.

Jadi jauhi membeli dari orang asing atau makelar. Pergilah ke suatu tempat yang Anda kenal atau dapatkan saran dari teman dan keluarga jika memungkinkan.

Saat membeli sepeda motor bekas secara online, teliti rekam jejak penjual dengan membaca umpan balik dari pelanggan sebelumnya.

9. Cek bahwa surat kendaraan sudah lengkap

Sepeda motor yang telah dicuri seringkali diperdagangkan secara bebas di pasar. Sepeda motor bekas yang telah dicuri seringkali tidak memiliki dokumen mobil yang layak. Oleh karena itu, jangan takut untuk menanyakan keakuratan surat terkait kendaraan, seperti STNK dan BPKP.

Verifikasi nama pemilik dan pelat motor yang tercantum dalam surat untuk memastikannya akurat. Anda bisa menggunakan aplikasi E-Samsat untuk mengecek ulang status nomor kendaraan jika ingin lebih pasti.

10. Cek Nomor Mesin dan Rangka

Yang tidak boleh diabaikan adalah nomor mesin dan rangka. Setelah Anda memiliki nomor rangka dan mesin, rujuk silang dengan nomor STNK.

Setiap pabrikan memiliki lokasi terpisah untuk rangka dan nomor mesin mereka. Namun, biasanya, kampas kopling atau motor starter di blok mesin kanan adalah tempat Anda akan menemukan nomor mesin.

Namun, pembuat Yamaha menempatkan nomor rangka motor di dalam jok. Sepeda motor Honda dapat ditemukan sementara itu di depan setir.

11. Periksa bodi motor dengan hati-hati.

Kondisi fisik motor otomatis bekas atau motor bebek bekas harus diperiksa secara menyeluruh sebelum membeli. Mengecek kondisi fisik motor itu sederhana karena yang harus Anda cari hanyalah penyok, goresan, atau retakan pada bodywork.

Jangan pernah takut untuk menanyakan apakah komponen sepeda motor sepenuhnya asli atau ada yang telah diubah. Selain itu, cari tahu apakah sepeda motor pernah mengalami kecelakaan atau kebanjiran. Karena banjir mesin atau tabrakan keras akibat kecelakaan dapat mengganggu kinerja kendaraan.

12. Cek kondisi oli mesin

Selalu periksa oli saat memeriksa motor bekas. Seberapa baik oli dirawat mengungkapkan seberapa baik motor dirawat. Suara mesin akan halus jika oli masih dalam kondisi baik. Oli yang baik juga menyarankan agar pemiliknya melakukan perawatan rutin dan penggantian oli.

13. Coba Lakukan Test Drive

Saran terakhir adalah melakukan test drive sebelum menyelesaikan kesepakatan untuk membeli sepeda motor bekas. Ini berusaha memahami dengan tepat bagaimana sepeda motor beroperasi saat dikendarai.

Berikan perhatian khusus pada kecepatan dan transfer gigi motor bebek, serta kemudahan menyalakan mobil dan suara mesin. Periksa rem, lampu, dan speedometer saat mengemudi untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Anda dapat meminta teman atau kerabat yang dapat dipercaya untuk menemani Anda jika Anda tidak memahami dengan benar cara kerja mesin kendaraan bermotor. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari jasa pemeriksaan motor ahli jika Anda membeli sepeda motor bekas secara online.

Penutup

Dengan demikian, daftar 13 saran untuk menghindari ditipu dan kehilangan uang saat membeli sepeda motor bekas. Saran tersebut di atas dapat dijadikan panduan saat mencari sepeda motor bekas yang masih mulus.

Post a Comment for "Pahami 13 Cara Membeli Motor Bekas yang Masih Mulus Berkualitas"