Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Beli Mobil Perdana Yang Harus Diketahui Agar Lebih Awet

Tips dan Trik Beli Mobil Perdana | Tidak diragukan lagi, memiliki mobil adalah salah satu ambisi setiap orang. Meski tergolong kebutuhan tersier, namun memiliki mobil dapat meningkatkan mobilitas dan kenyamanan saat bepergian. Selain itu, bepergian dengan grup menjadi lebih mudah jika Anda memiliki kendaraan sendiri.

Memiliki mobil pribadi juga dapat mengangkat gengsi seseorang di mata masyarakat. Oleh karena itu, tidak jarang mereka yang rela menabung dan menabung bertahun-tahun untuk mewujudkan impiannya membeli mobil. Kadang-kadang, individu bersedia menjual aset lain untuk mendapatkan mobil pribadi.

Namun karena usaha untuk membeli mobil tidak sederhana, beberapa individu mengalami kebingungan saat memilih kendaraan. Apalagi jika Anda belum pernah membeli kendaraan sebelumnya.

Keputusan yang terburu-buru untuk membeli kendaraan dapat mengakibatkan kekecewaan karena kendaraan tersebut tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pembeli.

Baca Juga: Link Daftar Agar Bisa Beli BBM Pertalite dan Solar: Caranya!

Kalaupun ada yang percaya Anda bisa menjualnya kembali, Anda tetap akan mengalami kerugian karena harganya akan jauh lebih murah dari harga beli aslinya.

Selain itu, tidak semua orang dapat menjual kendaraan secara efektif. Oleh karena itu, cara terbaik untuk memastikan kepuasan dan menghindari kekecewaan adalah dengan membeli kendaraan dengan cermat.

Agar para pemula yang belum pernah membeli mobil tidak bingung lagi, berikut beberapa tips memilih kendaraan. Kiat-kiat ini disediakan oleh situs web resmi Honda, sehingga Anda dapat mengandalkan keakuratannya.

3 Tips dan Trik Beli Mobil Perdana Agar Tidak Salah Pilih

1. Tentukan jenis kendaraan berdasarkan rutinitas

Mobil menyerupai beragam merek dan jenis perangkat elektronik. Ini mungkin salah satu penyebab kebingungan Anda saat membeli mobil. Gunakan aktivitas tersebut sebagai referensi karena mobil berperan sebagai moda transportasi untuk menjamin mobilitas Anda.

 

Jenis mobil ini dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumen. Jangan hanya fokus pada merek atau performa kendaraan. Sesuaikan pilihan jenis dengan aktivitas Anda saat ini. Pemilihan jenis kendaraan berdasarkan aktivitas akan meningkatkan efektivitas kendaraan.

Baca Juga: Lakukan 7 Tips Membeli Mobil Baru Ini Agar Memiliki Kendaraan Sesuai Kebutuhan Keluarga

Di pasaran, kita sering menghadapi antara lain Multi-Purpose Vehicle (MVP), Sport Utility Vehicle (SUV), Sedan, Hatchback, Sport Car, dan Coupe. Pahami terlebih dahulu tujuan dari masing-masing jenis mobil. Pilih kendaraan yang menurut Anda cocok untuk aktivitas yang paling sering Anda lakukan.

Misalnya, jika Anda membutuhkan mobil keluarga untuk banyak keluarga, MPV dengan tiga baris kursi adalah pilihan terbaik. Namun, jika Anda membutuhkan kendaraan yang dapat melewati berbagai jenis jalan, SUV adalah pilihan terbaik.

Sedan adalah alternatif jika Anda membeli kendaraan semata-mata untuk tujuan estetika atau untuk memenuhi tuntutan sekunder. Sedan tidak sesuai untuk digunakan sebagai kendaraan keluarga karena kapasitasnya yang kecil, dan tidak cocok untuk semua jalan karena ketidakmampuannya melintasi medan yang berat. Mobil rentan rusak jika dikendarai di jalan yang curam.

2. Tentukan Fitur Sesuai Keinginan Anda

Fitur sesuai dengan hobi dan preferensi seseorang. Adanya elemen yang sesuai dengan preferensi Anda akan menambah kenyamanan berkendara.

Mereka yang senang mendengarkan musik, misalnya, harus memiliki speaker di kendaraannya. Speaker akan membuat musik yang dimainkan di dalam mobil terdengar lebih sejuk dan santai.

Namun, bagi orang tua yang sering bepergian dengan bayinya, ISO-FIX adalah fitur yang pas di dalam mobil. Fungsi ini membantu memastikan keselamatan bayi saat Anda membawanya jalan-jalan dengan memungkinkan Anda memasangkan kursi bayi ke kursi belakang. Untuk fitur tambahan, cukup sesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Anda dapat berkonsultasi dengan spesialis lain untuk mendapatkan fitur yang optimal untuk kebutuhan Anda.

Baca Juga: 10+ Cara Merawat AC Mobil Agar Selalu Sejuk dan Awet Tahan Lama

3. Tetapkan Anggaran yang Cukup

Saran terakhir untuk pembeli mobil pertama kali adalah menyeimbangkan kebutuhan dan fitur mereka dengan anggaran mereka. Sediakan dana yang cukup untuk uang muka atau down payment pada mobil yang diinginkan. Untuk uang muka, Anda harus memiliki minimal 20% dari total harga kendaraan yang ingin Anda beli.

Usahakan untuk tidak mendapatkan kendaraan yang melebihi budget Anda. Itu akan membebani Anda bahkan nanti. Siapkan anggaran yang tepat dimana pemenuhan kebutuhan sehari-hari tetap menjadi fokus utama.

Kesimpulan

Mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda memang sulit. Apalagi jika budget Anda pas-pasan. Namun, jika Anda mempertimbangkan aktivitas Anda, fitur yang diinginkan, dan uang, Anda dapat memperoleh kendaraan yang memenuhi kebutuhan Anda.

Post a Comment for "Tips dan Trik Beli Mobil Perdana Yang Harus Diketahui Agar Lebih Awet"