Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara Mengatasi Laptop Lambat yang Menjalankan Windows hingga MacBook

Pernahkah Anda menyalakan laptop Anda untuk menemukan bahwa itu mulai perlahan, atau pernahkah Anda membuka sesuatu dan menemukan bahwa itu membeku dan butuh waktu lama untuk memuat?

Ketika itu terjadi secara teratur, kejadian ini bisa menjadi agak menjengkelkan. Anda mungkin menemukan jawaban untuk cara mengatasi laptop yang lambat di kedua versi Windows 10, 8, 7, dan MacBook. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengakhiri masalah ini.

Kondisi ini sering diamati pada laptop yang sudah sangat tua atau telah disimpan untuk waktu yang cukup lama. Namun, “melembiru,” juga dikenal sebagai melempar pembelian baru, tidak boleh dilakukan dulu karena, saat Anda maju melalui tutorial ini, Anda akan diminta untuk menemukan solusi untuk masalah ini.

Cara Mengatasi Laptop Lambat yang Menjalankan Windows

Secara umum, penurunan performa laptop yang lambat pada Windows dapat disebabkan oleh berbagai keadaan, salah satunya adalah fakta bahwa laptop khusus ini mengalami memori RAM penuh hingga diserang oleh virus. Lalu, opsi apa yang kita miliki untuk melarikan diri? Anda mungkin ingin mencoba mengikuti langkah-langkah ini.

1. Melepaskan seluruh hard disk dari komputer

Anda harus tahu bahwa praktik Anda mentransfer file foto dan video ke laptop tidak memuaskan. Karena penyimpanan dokumen yang konstan pada akhirnya akan menyebabkan hard drive atau perangkat penyimpanan lainnya menjadi penuh.

Saat melakukan pencarian untuk file tertentu, Anda akan melihat indikator peringatan ketika dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk aplikasi ditemukan.

Berikut ini adalah langkah yang dapat diambil untuk memeriksanya: Luncurkan File Explorer di komputer portabel, klik kanan pada hard disk berlabel This PC (C:), lalu pilih Properties dari menu konteks yang muncul. Anda nantinya akan dapat melihat kapasitas file yang telah digunakan, selain kapasitas file yang tetap tidak terpakai.

Untuk mencegah laptop dari panas berlebih, Anda disarankan untuk menyimpan gambar, video, dan film di hard drive eksternal atau di cloud menggunakan layanan seperti Google Cloud atau iCloud. Ini akan memastikan bahwa data Anda aman.

2. Cara Memperbaiki Laptop yang Lamban dengan Menghapus Aplikasi yang Hampir Tidak Pernah Digunakan 2.

Banyak aplikasi yang diinstal mungkin mengkonsumsi sejumlah besar memori, kadang-kadang hingga satu gigabyte dan kadang-kadang lebih dari itu.

Sekalipun jumlah RAM di komputer hanya 4 gigabyte, tidak dapat dipungkiri bahwa masalah ini akan menyebabkan laptop menjadi terlalu panas karena program yang sedang berjalan menggunakan semua RAM yang masih tersedia.

Oleh karena itu, jika aplikasi tidak diperlukan, Anda dapat menghapusnya dari komputer Anda dengan masuk ke pengaturan Control Panel dan memilih Program > Program & Fitur pilihan. Kemudian, daftar aplikasi akan muncul, dan Anda akan dapat menghapus salah satu dari mereka dengan mengklik kanan pada salah satu dari mereka dan memilih “Copot pemasangan aplikasi.”

Faktanya, ada solusi lain yang tersedia jika Anda tidak ingin menyingkirkan aplikasi pada laptop, dan solusi itu adalah meningkatkan jumlah RAM.

Namun, sebelum Anda memberlakukannya, Anda harus terlebih dahulu menentukan apakah gadget memungkinkan penambahan RAM atau tidak. Ini dapat dilakukan dengan menambahkan slot untuk RAM tambahan atau dengan menggunakan RAM virtual.

3. Menghilangkan File Sementara Karena Overload

Istilah “kelebihan file sementara” mengacu pada jumlah file sementara yang berlebihan yang digunakan oleh aplikasi saat sedang dijalankan. Jika jumlahnya berlebihan, niscaya kinerja laptop akan terkena dampak negatif.

Jawaban atas masalah ini adalah menghapus dokumen dengan masuk ke menu Start, ketik “Disk Clean Up,” memilih Drive yang perlu dibersihkan, mencari file sementara untuk dihapus, lalu mengklik OK di akhir proses.

4. Melindungi Laptop dari Terinfeksi Virus

Seperti yang baru saja terungkap, salah satu alasan laptop lesu bisa jadi adalah virus yang telah mengakar di sistem laptop. Ini mungkin akibat dari terlibat dalam perilaku berisiko secara teratur, seperti sering menginstal perangkat lunak yang diperoleh secara ilegal, mengklik iklan saat menavigasi internet, atau menggunakan perangkat elektronik yang tidak menginstal perangkat lunak antivirus.

Untuk melindungi laptop dari ancaman ini, Anda harus menggunakan program antivirus otentik yang dilengkapi dengan jaminan resmi. Meski harus mengeluarkan uang, setidaknya laptop kamu akan terlindungi dari virus jika kamu membeli salah satu barang yang tersedia di JD.ID. Anda dapat menemukan produk ini di situs web.

Solusi untuk Laptop Lambat di Perangkat MacBook Apple

Beberapa dari kita menyadari bahwa sistem MacBook cukup dapat dipercaya untuk digunakan. Namun, ini tidak menghalangi kemungkinan bahwa peristiwa lain yang serupa juga dapat terjadi, seperti penurunan bertahap dalam kinerja laptop. Jika itu adalah sesuatu yang Anda alami, mungkin beberapa solusi ini akan membantu Anda.

1. Memulai dari awal

Tidak ada masalah dengan me-restart MacBook jika mulai macet, seperti yang ditunjukkan oleh perangkat tidak menyala selama beberapa detik hingga beberapa menit.

Anda juga dapat memulai ulang untuk menyalakannya kembali. Tekniknya adalah menahan tombol daya selama sepuluh detik, setelah itu Anda akan melepaskannya dan menunggu layar menyala.

2. Mengatur ulang melalui Pengontrol Manajemen Sistem

Melalui proses mengatur ulang pengontrol manajemen sistem, dimungkinkan untuk mengembalikan sistem operasi MacBook ke pengaturan aslinya.

Ini akan memungkinkan program berat yang sedang dijalankan untuk diseimbangkan kembali sesuai kebutuhan. Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang pengaturan pengguna atau data apa pun yang dihapus karena ini tidak akan terjadi.

Mematikan MacBook dan kemudian mengisi daya laptop, menekan dan menahan Shift Left + Option + Control + Power selama sepuluh detik, dan kemudian menyalakan layar MacBook Anda akan memastikan bahwa aplikasi berjalan dengan lancar sekali lagi. Prosesnya cukup sederhana.

3. Cara Memperbaiki Laptop yang Lamban dengan Menginstal Mac OS Versi Terbaru

Salah satu alasan mengapa menggunakan MacBook adalah pengalaman yang begitu lamban adalah karena sistem operasi yang digunakan sudah ketinggalan zaman, juga dikenal sebagai terjebak di zaman batu. Namun, menjaga aplikasi MacOS tetap up to date memungkinkan penyediaan solusi yang dapat menghilangkan bug dan masalah lainnya.

Oleh karena itu, jika pesan bahwa pembaruan tersedia tiba di laptop Anda, Anda tidak boleh mengabaikannya. Untuk mencapai ini, cukup klik ikon Apple yang terletak di kiri atas layar, lalu pilih pembaruan perangkat lunak, lalu klik tingkatkan sekarang di bagian bawah. MacBook Anda akan mengunduh pembaruan sendiri.

Penutup

Anda sekarang memiliki tujuh opsi berbeda bisa dicoba untuk mempercepat laptop Anda yang lambat, apakah itu komputer Windows atau MacBook. Jika Anda mengetahui masalah dan cara memperbaikinya, Anda akan dapat membuat laptop berkinerja lebih baik daripada sebelumnya.

Perlu diingat bahwa Anda juga harus memperhatikan banyak aplikasi yang Anda instal di laptop Anda. Secara khusus, Anda harus menghindari menginstal perangkat lunak bajakan.

Toko komputer terdekat harus memiliki segala sesuatu yang terkait dengan laptop yang Anda perlukan, seperti program antivirus, perangkat lunak dari Microsoft, aksesori laptop, keyboard, layar, dan bahkan perangkat yang sebenarnya itu sendiri.

Post a Comment for "Tips dan Cara Mengatasi Laptop Lambat yang Menjalankan Windows hingga MacBook"